Minggu, 11 Maret 2012

Deskripsi Mata Kuliah DAFTAR MATA KULIAH PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN



Deskripsi Mata Kuliah

DAFTAR MATA KULIAH PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN

  • Bahasa Indonesia dan Penulisan Ilmiah
Mata kuliah ini membahas materi tentang tata bahasa Indonesia sebagai dasar untuk melatih kemampuan mahasiswa untuk menulis karya ilmiah (makalah/paper, artikel ilmiah, skripsi, dll) sesuai dengan kaidah bahasa yang baik dan benar, baik dalam bentuk komunikasi verbal maupun non-verbal.
  • Bahasa Inggris Keperawatan I
Mata kuliah ini membahas materi tentang kaidah-kaidah yang baku dalam kemampuan berkomunikasi secara tertulis dalam Bahasa Inggris, menerjemahkan artikel/jurnal keperawatan dalam Bahasa Inggris, menyusun tulisan ilmiah sederhana dalam bahasa Inggris.
  • Bahasa Inggris Keperawatan II
Mata kuliah ini membahas materi tentang kaidah-kaidah yang baku dalam kemampuan berkomunikasi secara lisan dalam Bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan komunikasi perawat-klien sehari-hari dalam setting pelayanan kesehatan di rumah sakit, serta mampu menyimak dengan baik percakapan bahasa Inggris, secara langsung maupun tidak langsung.
  • Pendidikan Agama dan Aplikasi dalam Keperawatan
Mata kuliah ini membahas materi yang terkait dengan prinsip-prinsip agama (Islam) yang melandasi manusia dalam berhubungan dengan Tuhan (hablum-minallah), sesama manusia, sesama makhluk Tuhan, dan lingkungan sekitarnya (hablum-minannaas) dalam ruang lingkup tauhid, fiqih, dan akhlaq, termasuk di dalamnya praktik melaksanakan ajaran agama dalam merawat orang sakit, mendampingi orang dalam sakaratul maut, dan merawat jenazah.
  • Pendidikan Kewarganegaraan
Mata kuliah ini membahas materi kedudukan perawat sebagai bagian dari warga negara Indonesia dalam lingkungan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan. Dalam mata kuliah ini juga diberikan konsep integrasi nasional dan budaya Indonesia serta budaya global serta peran profesi keperawatan dalam memelihara dan mempertahankan wawasan nusantara dan integrasi bangsa.
  • Ilmu Dasar Keperawatan I
Mata kuliah ini membahas materi tentang konsep sains yang mendasari praktik keperawatan, baik ditinjau dari ilmu kimia, biologi, maupun fisika.
  • Ilmu Dasar Keperawatan II
Mata kuliah ini membahas materi tentang konsep struktur tubuh manusia dalam berbagai sistem (sistem muskuloskeletal, integumentum, traktus gastrointestinalis, traktus respiratorius, sistem saraf, traktus genitourinarius, sistem kardiovakuler, dll), konsep fungsi normal setiap sistem tersebut [konsep homeostasis, keseimbangan cairan tubuh, sistem kardiovaskuler (faal jantung sebagai pompa, faal eksitasi jantung; elektrokardiogram, hemodinamika dan faal pengaturan tekanan darah, sirkulasi darah tepi; kegagalan fungsi jantung dan syok), sistem digesti (sekresi digesti dan absorbsi pada saluran cerna; faal hati), sistem metabolisme, sistem ekskresi (faal filtrasi pembentukan urin oleh ginjal; pengaturan filtrasi, konsentrasi urin dan ekskresi urea, natrium dan kalium oleh ginjal; keseimbangan cairan tubuh dan keseimbangan asam basa), sistem respirasi (dinamika pernafasan; pertukaran dan transpor gas pernafasan; pengaturan suhu tubuh, fungsi mekanisme energi), sistem reproduksi (oogonesis/spermatogenesis, faal menstruasi dan siklus ovulasi, faal ereksi/ejakulasi), sistem endokrin (endokrinologi; adenohipofise; neurohipofise, kelenjar tiroid, paratiroid dan pankreas), sistem saraf dan indra (pembentukan informasi melalui mekanisme neurogen; sensasi somatik; faal pengawasan kegiatan motorik oleh medula spinalis, batang otak, sub korteks, korteks dan serebelum; fungsi intelektual dan perilaku; faal susunan syaraf otonom, faal sensorik), sistem gerak dan rangka (faal motorik), sistem darah (sel darah dan plasma;  faal imunitas dan alergi; golongan darah, transfusi, transplantasi; faal homeostasis dan pembekuan darah, faal dinamika pertukaran cairan antara darah, cairan interstitial dan cairan limfe), serta konsep-konsep biokimiawi yang mendasari berbagai reaksi kimia di dalam tubuh manusia (karbohidrat dan metabolismenya, lipid dan metabolismenya, protein & asam amino dan metabolismenya, DNA, enzim, biokimia darah, biokimia hormon, biokimia urin, dll)].
  • Konsep Dasar Keperawatan
Mata kuliah ini merupakan bagian dari kelompok ilmu keperawatan keperawatan dasar. Fokus mata kuliah ini adalah pada paradigma keperawatan yang meliputi berbagai konsep mengenai: manusia di sepanjang daur kehidupan, rentang sehat-sakit, keperawatan, dan lingkungan dalam konteks keluarga dan masyarakat. Juga dibahas mengenai konsep sistem kesehatan nasional, pendekatan sistem dalam pelayanan dan pendidikan keperawatan. Selain itu juga diberikan pengantar profesi keperawatan yang merupakan landasan dasar dalam menghantar mahasiswa sebagai calon perawat, pengenalan terhadap dunia keperawatan profesional. Fokus mata kuliah terhadap pemahaman akan konsep keperawatan profesional sebagai salah satu elemen dari paradigma keperawatan, karakteristik profesi secara umum, makna dan ciri-ciri khas keperawatan sebagai profesi. Kilas balik secara singkat terhadap sejarah perkembangan keperawatan dan pergeseran proses nurturing-caring dan mensosialisasikan peran, fungsi organisasi profesi keperawatan.
  • Psikologi dalam Keperawatan
Mata kuliah ini membahas materi tentang konsep dasar psikologis yang mendasari perilaku manusia, khususnya perilaku kesehatan yang meliputi health belief, psikologi sakit, komunikasi profesional kesehatan dan pasien, stres, konsep stres dan penyakit, psikologi nyeri, psikologi pencarian pertolongan kesehatan dan screening, perilaku merokok, alkoholisme, perilaku diet/makan, perilaku seksual, perilaku latihan fisik, psikologi ODHA dan penderita kanker, dan isu psikologi lainnya.
  • Kebutuhan Dasar Manusia
Fokus mata kuliah ini membahas konsep manusia dan kebutuhan dasar, prinsip, proses, serta teknik dan prosedur pemenuhan kebutuhan rasa nyaman, kebutuhan aktifitas dan exercise, kebutuhan istirahat dan tidur, konsep, prinsip, proses, serta teknik dan prosedur pemenuhan kebutuhan keamanan fisik dan psikologis, kebutuhan oksigenasi, kebutuhan nutrisi, kebutuhan eliminasi, kebutuhan cairan  dan elektrolit serta modalitas keperawatannya, juga membahas konsep, prinsip, proses, serta teknik dan prosedur pemenuhan kebutuhan seksualitas, kebutuhan konsep diri dan aktualisasi diri, kebutuhan spiritual dan sosial budaya, hospitalisasi dan perawatan terminal dan modalitas keperawatannya. Di dalam mata kuliah ini juga diberikan materi tentang ilmu gizi dan pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh pada berbagai tingkatan daur kehidupan manusia, modifikasi diet normal untuk keperluan terapeutik yang diperlukan dalam praktek keperawatan.Pengalaman belajar meliputi kuliah, diskusi tutorial, belajar mandiri, seminar kelas, praktek laboratorium dengan memperhatikan aspek keutuhan klien dan etis pelayanan serta implikasinya pada penelitian dan pengembangan keilmuan.
  • Sistem Informasi dalam Keperawatan
Mata kuliah ini membahas materi tentang metodologi keperawatan yang berfokus pada kemampuan berfikir kritis, etis dan logis untuk menyelesaikan masalah keperawatan. Penekanan pada pendekatan proses keperawatan sebagai metodologi ilmiah dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Kegiatan pembelajaran meliputi kuliah, diskusi dan latihan menyelesaikan masalah klien (kasus). Selain itu, dalam mata kuliah ini juga diberikan prinsip-prinsip penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam sistem pendokumentasian asuhan keperawatan.
  • Praktik Keperawatan I
Mata kuliah ini diisi dengan kegiatan praktik laboratorium dan praktik observasi atau kunjungan lapangan ke Rumah Sakit untuk mengaplikasikan mata kuliah konsep dasar keperawatan, kebutuhan dasar manusia, psikologi keperawatan dan SIK.
  • Ilmu Dasar Keperawatan III
Mata kuliah ini membahas materi tentang patofisiologi terjadinya berbagai macam penyakit, baik penyakit inflamasi dan infeksi, genetik/herediter, trauma, degeneratif, maupun neoplasma/neoplasia. Selain itu, pada mata kuliah ini juga dibahas perawatan dalam pengelolaan dan pemberian obat, jenis obat dan cara kerjanya, serta efek obat terhadap tubuh yang berkaitan dengan praktik keperawatan, dan prinsip-prinsip penggunaan dan pemberian obat yang rasional (rational drug use).
  • Ilmu Dasar Keperawatan IV
Mata kuliah ini membahas materi tentang mikrobiologi klinis yang berkaitan dengan penyakit infeksi bakteri, virus, jamur, dan parasit yang mengakibatkan penyakit pada tubuh manusia dan respon kekebalan (imunologis) tubuh manusia. Penerapan ilmu ini pada keperawatan berfokus pada struktur, fungsi, daur pertumbuhan mikroorganisme dan parasit serta reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan parasit tersebut. Penekanan dilakukan pada dasar-dasar pemeriksaan laboratorium, cara sterilisasi dan desinfeksi, dan upaya mencegah dampak mikroorganisme dan parasit pada tubuh manusia yang digunakan dalam praktek laboratorium. Selain itu, pada mata kuliah ini juga dibahas tentang prinsip-prinsip epidemiologi penyakit menular dan penyakit tidak menular serta dasar-dasar kependudukan (demografi) dan kegunaannya dalam pelayanan keperawatan.
  • Sosiologi-Antropologi Kesehatan
Mata kuliah ini membahas materi tentang dasar-dasar sosial dan budaya yang mendasari terbentuknya perilaku kesehatan baik pada level individu, keluarga, maupun masyarakat dan komunitas tertentu. Dalam matakuliah ini juga akan dibahas tentang konsep-konsep dasar antropologi yang berhubungan dengan perilaku manusia, membahas tentang aspek kebudayaan dan nilai-nilai budaya dan dinamikanya, aneka warna masyarakat dan kebudayaan yang mendasari perilaku manusia serta implementasinya dalam bidang kesehatan.
  • Etika Profesi dan Hukum Kesehatan
Mata kuliah ini membahas materi tentang konsep dasar moral dan etika, nilai-nilai dasar dalam keperawatan, etika profesi keperawatan, konsep hak dan kewajiban perawat maupun klien, kode etik perawat internasional dan Indonesia, hubungan moral, etika, dan hukum, isu-isu etis dan biomedis yang menyebabkan konflik dan dilema moral, prinsip informed-consent dan informed-choice, dasar-dasar hukum kesehatan, landasan yuridis formal praktik keperawatan di Indonesia, hak-kewajiban-tugas pokok-kewenangan perawat, dan konsep malpraktik dalam praktik keperawatan profesional.
  • Praktik Keperawatan II
Mata kuliah ini diisi dengan kegiatan praktik laboratorium dan praktik observasi atau kunjungan lapangan ke Rumah Sakit untuk mengaplikasikan mata kuliah kebutuhan dasar manusia (lanjutan), metodologi keperawatan, serta etika profesi dan hukum kesehatan.
  • Pendidikan dalam Keperawatan
Fokus mata kuliah pada Konsep Dasar Pendidikan yang dikaitkan dengan Pendidikan dan Asuhan/Pelayanan Keperawatan. Penekanan pada proses pendidikan yang memperhatikan hakekat manusia sebagai insan yang penuh dengan keragaman dapat dan perlu memperoleh pendidikan. Pengenalan manusia terhadap konsep dan prinsip-prinsp yang berkaitan dengan teori pembelajaran dan proses belajar mengajar merupakan landasan berpijak dalam melakukan pendidikan formal keperawatan di dalam kelas, di berbagai tatanan praktik klinik keperawatan, maupun dalam memberikan pendidikan/penyuluhan kesehatan masyarakat. Mahasiswa diarahkan kepada strategi pengembangan kurikulum, berbadai metoda dan teknik pengajaran termasuk pengembangnan rancangan instruksional pengajaran untuk suasana kelas dan praktika klinik. Aspek yang dapat mempengaruhi perilaku kesehatan masyarakat berkaitan dengan perubahan sosial;  cara pendekatan pendidikan kesehatan terhadap masyarakat dengan status sosial yang berbeda, mahasiswa diarahkan kepada kemampuan mengidentifikasi masalah-masalah perilaku kesehatan yang perlu mendapat pendidikan tertentu. Prinsip-prinsip pendekatan yang perlu dilakukan mahasiswa dalam memotivasi dan memprakarsai perubahan perilaku kesehatan masyarakat.
  • Trend dan Isu Keperawatan
Dalam mata kuliah ini dibahas berbagai perkembangan terbaru di bidang keperawatan yang meliputi kebijakan dalam pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus yang berkenaan dengan bidang keperawatan, standar kompetensi perawat dan standar praktik keperawatan, perkembangan RUU Keperawatan, karir perawat di luar negeri, Registered Nurse (RN), jabatan fungsional perawat, teknologi diagnostik, screening, dan perawatan, perawat dan RS berstandar/bertaraf internasional, dll.
  • Komunikasi Terapeutik
Mata kuliah ini membahas materi tentang prinsip dasar komunikasi interpersonal, faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi, komunikasi efektif, konsep dasar komunikasi terapeutik, tahapan komunikasi terapeutik, prinsip dasar konseling, praktik komunikasi terapeutik pada klien-klien dengan gangguan khusus, dll.
  • Ilmu Keperawatan I
Mata kuliah ini meliputi ilmu kesehatan anak serta asuhan keperawatan anak dalam konteks keluarga, memberikan asuhan anak yang sehat dalam keluarga serta memberikan asuhan keperawatan pada anak dengan penyakit ringan. Pada mata kuliah ini juga diberikan keterampilan bagaimana memberikan asuhan keperawatan yang aman dan efektif bagi neonatus, bayi, anak, remaja dan keluarganya sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya.  Selain itu juga dijelaskan asuhan keperawatan anak yang dirawat di rumah sakit dan keluarganya yang menderita penyakit kronis secara aman dan efektif bagi neonatus, bayi, anak, remaja dan keluarganya. serta diberikan keterampilan untuk memberikan asuhan pada anak secara langsung/tidak langsung membantu keluarga untuk merawat anaknya sesuai dengan membantu keluarga untuk merawat anaknya sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya dengan menerapkan berbagai upaya dan prinsip keperawatan anak dan menggunakan proses keperawatan anak sebagai pendekatan. Pengalaman belajar meliputi kuliah, diskusi tutorial, belajar mandiri, seminar kelas, praktek laboratorium dengan memperhatikan aspek keutuhan klien dan etis pelayanan serta implikasinya pada penelitian dan pengembangan keilmuan.
  • Praktik Keperawatan III
Mata kuliah ini diisi dengan kegiatan praktik laboratorium dan praktik observasi atau kunjungan lapangan ke Rumah Sakit untuk mengaplikasikan mata kuliah pendidikan dalam keperawatan, komunikasi terapeutik, dan keperawatan anak.
  • Ilmu Keperawatan II
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan teori keperawatan serta kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesehatan wanita usia subur, trend keperawatan maternitas, asuhan keperawatan ibu hamil, persalinan, setelah melahirkan dan bayinya sampai usia 40 hari pada kondisi normal beserta keluarganya. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan teori asuhan keperawatan risiko tinggi atau komplikasi kehamilan, persalinan, dan nifas. Selain itu, dalam mata kuliah ini juga dibahas isu-isu keperawatan maternitas seperti keluarga berencana dan metode kontrasepsi, kekerasan terhadap perempuan, infeksi saluran reproduksi, keganasan organ reproduksi, hak-hak reproduksi. Pengalaman belajar meliputi kuliah, diskusi tutorial, belajar mandiri, seminar kelas, praktek laboratorium dengan memperhatikan aspek keutuhan klien dan etis pelayanan serta implikasinya pada penelitian dan pengembangan keilmuan.
  • Keperawatan Lintas Budaya
Mata kuliah ini diisi dengan konsep dasar pelayanan kesehatan yang berbasis diversitas budaya dan agama, Purnell Model of Cultural Competence, praktik pelayanan kesehatan dalam budaya Arab, budaya Iran, budaya Cina, budaya Melayu, budaya Eropa (Perancis, Jerman, Italia), budaya Jepang, budaya Yahudi, budaya Korea, budaya India dan budaya Mesir; serta penyakit yang berbasis budaya dan etnis.
  • Manajemen Keperawatan
Manajemen keperawatan mempelajari tentang berbagai konsep dasar manajemen yang relevan dan spesifik diaplikasikan pada pelayanan keperawatan “current issues” yang berkaitan, serta sesuai dengan perkembangan keperawatan dan pola pelayanan. Pemahaman akan berbagai konsep manajemen keperawatan tersebut menjadi dasar untuk melakukan kajian dan telaah situasi pada berbagai area pelayanan keperawatan dengan pendekatan sistem dan proses, melalui pengalaman belajar ceramah, diskusi dan latihan/telaah kasus.
  • Entrepreneurship dalam Keperawatan
Mata kuliah ini terdiri atas topik konsep umum kewirausahaan, karakteristik wirausahawan, persyaratan untuk memulai kewirausahaan, modal dasar wirausaha, praktik penyusunan business plan, dan pengembangan entrepreneurship dalam praktik keperawatan di masa depan.
  • Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Mata kuliah ini terdiri dari beberapa kajian mendasar tentang konsep dasar keselamatan pasien (patient safety), konsep neglicence, malpractice, dan abuse, penegakkan sistem keselamatan pasien di rumah sakit, hygiene lingkungan kerja bagi perawat, pencegahan infeksi nosokomial dan iatrogenik, penerapan prinsip kewaspadaan universal dalam setiap melakukan tindakan keperawatan, stres kerja dan kecelakaan kerja, dll.
  • Praktik Keperawatan IV
Mata kuliah ini diisi dengan kegiatan praktik laboratorium dan praktik observasi atau kunjungan lapangan ke Rumah Sakit untuk mengaplikasikan mata kuliah keperawatan maternitas, kesehatan dan keselamatan kerja, manajemen keperawatan, dan keperawatan lintas budaya.
  • Ilmu Keperawatan III
Mata kuliah ini terdiri dari 3 bahan kajian utama yaitu keperawatan keluarga, keperawatan gerontik, dan keperawatan komunitas. Pada mata kuliah ini dibahas tentang konsep dasar lansia/gerontik dan pengaruhnya/dampaknya terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia dan asuhan keperawatannya dengan penekanan pada peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan. Mata kuliah ini akan berguna dalam melaksanakan pelayanan/asuhan keperawatan pada lanjut usia di berbagai tatanan pelayanan kesehatan khususnya di keluarga dan masyarakat. Selain itu, pada mata kuliah ini juga dibahas tentang konsep dasar dan keperawatan komunitas, program-program kesehatan/kebijakan pemerintah dalam menanggulangi masalah kesehatan komunitas dalam konteks pelayanan kesehatan utama dengan penekanan pada peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan. Mata kuliah ini berguna dalam melaksanakan pelayanan/asuhan keperawatan di masyarakat dan kelompok khusus (panti asuhan, pesantren, sekolah dan industri). Pengalaman belajar meliputi kuliah, diskusi tutorial, belajar mandiri, seminar kelas, praktek laboratorium dengan memperhatikan aspek keutuhan klien dan etis pelayanan serta implikasinya pada penelitian dan pengembangan keilmuan.
  • Metodologi Riset Keperawatan
Mata kuliah ini berfokus pada pemahaman konsep dasar keilmuan yang digunakan sebagai metodologi dalam penelitian yang terdiri dari konsep dasar metode dan pendekatan ilmiah, konsep dasar penelitian dan pengembangan ilmu keperawatan, tahapan kegiatan penelitan, paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam bidang keperawatan, sampling dan teknik sampling, penyusunan instrumen penelitian, dan proses pengumpulan data. Proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan ceramah, diskusi dan tutorial. Mata kuliah merupakan prasyarat bagi penyusunan skripsi.
  • Biostatistik dan Analisis Data
Mata kuliah ini berfokus pada kajian tentang penerapan kaidah-kaidah statistik dalam praktik dan penelitian keperawatan, vital statistik, aplikasi statistik inferensial dan statistik deskriptif dalam pengolahan data penelitian bidang keperawatan, uji hipotesis, dan penggunaan statistik dalam pengendalian/penjaminan mutu pelayanan keperawatan dan pengambilan keputusan.
  • Ilmu Keperawatan IV
Mata kuliah terdiri dari beberapa bahan kajian yang berfokus pada dasar-dasar psikiatri,pengertian dasar dan berbagai penyakit/gangguan jiwa yang terdapat di Indonesia, serta prinsip penanggulangan gangguan jiwa. Pada mata kuliah ini juga dibahas tentang konsep dasar keperawatan kesehatan jiwa yang meliputi: perkembangan keperawatan jiwa, psikodinamika, model kesehatan keperawatan jiwa, pelayanan dan kolaborasi interdisiplin dalam keperawatan jiwa dan keperawatan jiwa keluarga dan masyarakat. Mata kuliah ini berfokus pada klien sebagai sistem yang adaptif dalam rentang respon sehat jiwa – gangguan jiwa. Membahas tentang upaya keperawatan dalam pencegahan primer, sekunder dan tersier terhadap klien dengan masalah bio-psiko-sosio-spiritual dan gangguankesehatan jiwa, macam-macam terapi (terapi medik – terapi modalitas keperawatan), isu dan kecenderungan kesehatan jiwa di Indonesia serta peran serta perawat dalam penanggulangannya. Pengalaman belajar meliputi kuliah, diskusi tutorial, belajar mandiri, seminar kelas, praktek laboratorium dengan memperhatikan aspek keutuhan klien dan etis pelayanan serta implikasinya pada penelitian dan pengembangan keilmuan.
  • Praktik Keperawatan V
Mata kuliah ini diisi dengan kegiatan praktik laboratorium dan praktik observasi atau kunjungan lapangan ke Rumah Sakit untuk mengaplikasikan mata kuliah keperawatan keluarga, gerontik, dan keperawatan komunitas.
  • Praktik Keperawatan VI
Mata kuliah ini diisi dengan kegiatan praktik laboratorium dan praktik observasi atau kunjungan lapangan ke Rumah Sakit untuk mengaplikasikan mata kuliah keperawatan jiwa.
  • Ilmu Keperawatan V
Pada mata kuliah ini dibahas tentang penyakit atau kelainan organ tubuh yang dilakukan pembedahan, pengaruh berbagai teknik pembedahan terhadap fungsi organ dan tindakan yang perlu dilakukan sebelum, selama, dan sesudah pembedahan. Fokus pada klien dewasa yang mengalami masalah kesehatan dan perubahan fungsi sistem tubuh meliputi sistem pernafasan, kardiovaskuler, gastrointestinal, perkemihan, keganasan, masalah infeksi dan penyakit tropis melalui pendekatan patofisiologi dan psikologis dengan penekanan pada aspek preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Juga dibahas tentang gangguan dan penyakit pada sistem saraf pusat dan perifer berkaitan dengan kelainan vaskuler, trauma, keganasan, degeneratif, peradangan/infeksi, gangguan konduksi dan konginetal; pemeriksaan diagnostik yang spesifik untuk gangguan fungsi persarafan; penatalaksanaan medik. Selanjutnya pada mata kuliah ini juga dibahas tentang konsep dasar keperawatan medikal bedah, masalah-masalah yang berkaitan dengan kondisi patologis yang lazim terjadi pada berbagai gangguan sistem tubuh (persyarafan, pernafasan, kardiovaskuler, perkemihan, muskuloskeletal) serta “current issues” yang berkaitan. Mata kuliah ini mempelajari asuhan keperawatan klien masalah-masalah yang berkenaan dengan kondisi patologis yang lazim terjadi pada berbagai  gangguan sistem tubuh (pencernaan, endokrin, sistem kekebalan tubuh, penginderaan) serta “current issues” yang berkaitan. Pengalaman belajar meliputi kuliah, diskusi tutorial, belajar mandiri, seminar kelas, praktek laboratorium dengan memperhatikan aspek keutuhan klien dan etis pelayanan serta implikasinya pada penelitian dan pengembangan keilmuan.
  • Ilmu Keperawatan VI
Fokus pada pemberian asuhan keperawatan klien dalam usia sepanjang daur kehidupan dengan masalah gangguan kesehatan yang mengancam kehidupan akibat trauma atau proses lanjut penyakit, baik yang terjadi secara mendadak ataupun telah diantisipasi. Menyiapkan mahasiswa dengan kemampuan untuk penanganan kasus-kasus gawat (kritis) dan kedaruratan, baik dalam ataupun tanpa disertai kondisi lingkungan yang dapat dikendaikan secara mandiri dan kolaboratif, terpadu, efektif, cepat, dan tepat bertujuan mencegah kecacatan fisik, mental, ataupun kematian. Kegiatan belajar mengajar dialami di dalam suasana kelas terstruktur dan di lahan praktika, menggunakan metode ceramah, diskusi kasus dengan penekanan belajar menyelesaikan masalah (problem-based learning) dan praktika laboratorium untuk latihan resusitasi jantung-paru.
  • Praktik Keperawatan VII
Mata kuliah ini diisi dengan kegiatan praktik laboratorium dan praktik observasi atau kunjungan lapangan ke Rumah Sakit untuk mengaplikasikan mata kuliah keperawatan medikal bedah dan keperawatan gawat darurat.
  • Pengorganisasian dan Pemberdayaan Masyarakat
Pada mata kuliah ini dibahas tentang pengorganisasian dan pengembangan masyarakat, definisi masyarakat, bentuk-bentuk masyarakat, struktur dan organisasi masyarakat, lembaga-lembaga kemasyarakatan, status peran dan kepemimpinan dalam masyarakat, proses pengambilan keputusan dalam masyarakat, peran serta masyarakat, pendekatan dalam PPM, pengembangan organisasi, peran kemajuan teknologi dalam PPM, peran pendidikan dalam PPM. Mata kuliah ini merupakan bagian dari dasar-dasar keperawatan komunitas.
  • Keperawatan Paliatif
Mata kuliah ini terdiri dari beberapa bahan kajian penting yang berkaitan dengan keperawatan paliatif di antaranya prinsip dasar keperawatan paliatif, prinsip pengendalian nyeri kanker, kesehatan mulut pada beberapa penderita penyakit kronis, penatalaksanaan anoreksia, cachexia, fatique, dan gangguan nutrisi lainnya, perawatan paliatif pada pasien penyakit kronik non-malignancy, perawatan paliatif pada anak, perawatan paliatif di komunitas, terapi komplementer, spiritual care, prinsip komunikasi pada perawatan paliatif, skrining depresi pada perawatan paliatif, pelayanan keperawatan pasien terminal/sekarat, donasi organ/jaringan, prinsip cost of caring dalam perawatan paliatif, isu etis dalam keperawatan paliatif seperti euthanasia, proses pemberian dukungan keluarga pada penderita stadium terminal.
  • Manajemen Keperawatan Bencana
Mata kuliah ini terdiri dari beberapa bahan kajian penting yang berkaitan dengan bencana, yaitu esensial perencanaan bencana alam, kepemimpinan dan manajemen bencana dalam sistem pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan emergensi pada bencana alam, pelayanan Palang Merah Indonesia dalam bencana alam, dampak psikososial pada korban bencana alam, isu etis dan legal dalam respon terhadap bencana alam, komunikasi krisis, manajemen bencana, penerapan triage pada bencana alam, restorasi pelayanan kesehatan masyarakat pada bencana alam, pengelolaan kegawatdaruratan di luar rumah sakit, manajemen massa dengan luka bakar massal, cedera traumatik karena ledakan besar, manajemen efek psikososial, kebutuhan spesifik anak dan kaum perempuan saat bencana, serta identifikasi dan akomodasi kelompok masyarakat berisiko tinggi.
  • Skripsi
Kegiatan penyusunan skripsi didasari oleh penelitian yang merupakan kegiatan yang terencana, terarah, sistematik dan terkendali untuk memperoleh data dan informasi tentang masalah dalam bidang ilmu keperawatan dengan menggunakan metode ilmiah, untuk menjawab pertanyaan penelitian atau menguji hipotesis. Permasalahan penelitian keperawatan menyangkut bidang-bidang Ilmu Keperawatan Dasar, Medikal Bedah, Maternitas, Jiwa, Anak, Komunitas baik laboratorik, klinik atau penelitian lapangan, Manajemen Keperawatan dan atau kesehatan baik pelayanan atau pendidikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

kumpulan askep

Memuat...