Sabtu, 19 Februari 2011


STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN (SP Ip)

Hari/ tgl : ...................

A. Proses Keperawatan
1. Kondisi klien : ( Ds dan Do adalah data Here and now masalah utama klien )
DS : klien mengatakan mendengar suara-suara aneh (tanpa adanya stimulasi
eksternal).
DO : klien tampak senyum-senyum sendiri dan bicara sendiri, memandang kekanan/
kedepan seoah-olah ada teman bicara.
2. Diagnosa Keperawatan : Gangguan Sensori Persepsi : Halusinasi Dengar
3. Tujuan : klien dapat mengontrol halusinasi yang dialaminya
Tindakan Keperawatan ( SP Ip) :
1. Mengidentifikasi jenis halusiansi pasien
2. Mengidentifikasi isi halusiansi pasien
3. Mengidentifikasi waktu halusinasi pasien
4. Mengidentifikasi frekuensi halusinasi pasien
5. Mengidentifikasi situasi yang menimbulkan halusinasi
6. Mengidentifikasi respons pasien terhadap halusinasi
7. Mengajarkan pasien menghardik halusinasi
8. Menganjurkan pasien memasukkan cara menghardik halusinasi dalam jadwal
kegiatan harian
B. Strategi Komunikasi
1.Orientasi
a. Salam terapeutik
Selamat pagi Mas. Perkenalkan nama saya ..., saya biasanya dipanggil Suster..
Saya yang akan merawat Mas selama 2 hari ini. Boleh saya berkenalan ? nama
mbak siapa dan suka dipanggil apa? Baiklah mulai sekarang saya akan pangil ..
b. Evaluasi/validasi
Bagaimana perasaan Mas... ( selanjutnya panggil nama klien ) hari ini? Kalau
boleh tau mengapa mas..... sering melamun, kadang tersenyu/ bicara sendirian ..?
c. Kontrak
Topik: Bagaimana kalau kita sekarang berbincang-bincang tentang suara-suara yang
sering mas.... dengar? mau ya mas ...?
Tempat : Mas ... mau berbincang-bincang dimana? Bagaimana kalau disini?
Waktu : Mau berapa lama ? Bagaimana kalau 10 menit?
2. Kerja
Apakah mas.. mengalami sesuatu, medengar/ melihat, merasakan sesuatu saat mas ..
sedirian ?
Saya percaya mas.. medengar suara-suara itu, tetapi saya tidak medengarnya.
Tapi jangan Khawatir mas ....tidak mengalami sendiriaan , ada teman lain yang
juga mengalami hal yang sama dengan mas ....., dan saya akan membantu mas untuk
menghilangkan suara-suara tersebut.
 Coba mas ... ceritakan suara-suara yang sering mas dengar
§
 Apa mas ... bisa mengenali suara tersebut?
§
 Kalau mas ... kenal suara itu, suara siapakah?
§
 Kapan saja suara itu datang? Berapa kali muncul dalam sehari?
§
 Apa yang mas ... lakukan jika suara itu muncul?
§
 Apakah mas ... mengikuti suara-suara yang didengar?
§
 Bagaimana perasaan mas ... saat suara itu muncul?
§
 Bila suara aneh yang didengar muncul, maukah mas ...... mencoba mengusir
§
suara aneh itu . Coba usir suara itu dengan mengatakan di dalam hati ” Saya
tidak mau dengar kata-kata kamu. Pergi, pergi, pergi ...”
 Baiklah mas... sekarang kita masukkan cara mengontrol halusinasi yang pertama
§
yaitu dengan cara mengusir/ merhardik kedalam buku harian mas.... mari saya
bantu.
3. Terminasi
a. Evaluasi subyektif
Bagaimana perasaan mas ... setelah kita berbincang-bincang tadi?
b. Evaluasi obyektif
Jadi seperti yang mas ... katakan tadi, suara yang mas dengar adalah suara ...
Suara itu muncul pada saat ..., dan dalam sehari bisa muncul ... kali. Kemudian
yang mas rasakan dan lakukan setelah mendengar suara itu adalah ... Bila suara
aneh yang didengar muncul, maukah mas ...... mencoba mengusir suara aneh itu
dengan menatakan apa mas .... ? Bagus saya senang mau melakukannya.
c. Rencana tindak lanjut
Bagaimana kalau mas ... mendengar suara-suara itu lagi, tolong mas nanti panggil
perawat agar dibantu.atau mas bisa mengusir suara –suara tadi dengan cara yang
sudah tadi saya ajarkan.
d. Kontrak
Topik : Nanti siang kita akan bercakap-cakap lagi, apa Mas mau? Kita akan
membicarakan tentang cara lain untuk mengendalikan suara-suara itu yaitu
dengan cara kedua : bercakap-cakap dengan orang lain.
Tempat : Bagaimana kalau di tempat ini lagi? Kita ngobrolnya ?
Waktu : Mungkin kita akan butuh waktu 15 menit. Bersedia ya..?
” Sekarang mas mau kemana ? mari saya bantu kekamar, mas... mau istirahat
dulu ya ? 



STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN ( SP IIp)
Hari/tgl : ...............................................

A. Proses Keperawatan
1. Kondisi
DS : klien mengatakan masih mendengar suara-suara aneh (tanpa adanya stimulus
eksternal)
DO : klien tampak senyum-senyum sendiri dan bicara sendiri
2. Diagnosa Keperawatan : Gangguan Sensori Persepsi : Halusinasi Dengar
3. Tujuan : klien dapat mengontrol halusinasi yang dialaminya
Tindakan keperawatan (SP IIp) :
a. mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
b. melatih pasien mengendalikan halusinasi dengan cara bercakap-cakap dengan
orang lain
c. menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
B. Strategi Komunikasi
1. Orientasi
a. Salam teraupetik
Selamat siang mas... Apakah masih ingat dengan saya?
b. Evaluasi/validasi
Bagaimana perasaannya hari ini? Apakah masih mendengar suara-suara yang kita
bicarakan tadi pagi ?Apakah mas sudah lakukan cara untuk mengendalikan
halusinasi seperti yang saya ajarkan kemarin? Apakah suara –suara itu hilang /
pergi ?
c. Kontrak
Topik : Seperti janji saya tadi pagi, sekarang kita akan berdiskusi tentang
bagaimana supaya suara yang mas dengar dapat dikendalikan dengan cara
bercakap-cakap dengan orang lain.
Tempat : Bagaimana kalau di sini saja? Atau mau di tempat lain ..?
Waktu : Bagaimana kalau 10 menit saja? Mau ya..?
2. Kerja
 Sekarang saya akan ajarkan mas ... cara kedua untuk dapat mengendalikan
§
suara-suara yang menggangu ms...... selam ini.
 Bila cara yang saya ajarkan kemarin belum bisa untuk mengendalikan halusinasi
§
yang mas alami, cobalah mas untuk bercakap-cakap dengan orang lain bisa perawat
atau teman mas lainnya.Yang penting disini adalah usahakan mas jangan
melamun/merenung seorang diri.
 Bagaimana mas ... sudah jelas?
§

3. Terminasi
a. Evaluasi subyektif
 Bagaimana perasaan mas ... setelah kita berbincang-bincang hari ini?
§
b. Evaluasi obyektif
 Cara lain untuk mengendalikan halusinasi dengar yaitu dengan apa mas ?
§
 Bagus
§ masih ingat semuanya.
c. Rencana tindak lanjut
 Mas ... kalau suara-suara itu muncul lagi , mas ... bisa mencoba salah satu
§
cara yang sudah mas .... sebutkan tadi..
d. Kontrak
Topik : besok kita akan bercakap-cakap tentang cara mengontrol suara-suara
dengan cara melakukan kegiata-kegiatan di ruangan.
Tempat : kita akan bercakap-cakap disini juga ya, setuju?
Waktu : 10 menit saja.
” Sekarang mas mau kemana ? jangan di kamar terus , nonton TV aja ya mas .. ! ”




STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN( SP III p)
Masalah : Halusinasi dengar
Hari/tgl : .................................

A. Proses Keperawatan
1. Kondisi
DS : klien mengatakan masih mendengar suara-suara aneh (tanpa adanya stimulus
eksternal)
DO : klien tampak senyum-senyum sendiri dan bicara sendiri
2. Diagnosa Keperawatan : Gangguan Sensori Persepsi : Halusinasi Dengar
3. Tujuan : klien dapat mengontrol halusinasi yang dialaminya
Tindakan keperawatan (SP III p) :
a. mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
b. melatih pasien mengendalikan halusinasi dengan melakukan kegiatan
(kegiatan yang biasa dilakukan di rumah)
c. menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
B. Strategi Komunikasi
1. Orientasi
a. Salam teraupetik
Selamat pagi mas... Apakah masih ingat dengan saya?
b. Evaluasi/validasi
 Bagaimana perasaannya hari ini?
§
 Apakah masih mendengar suara-suara?
§
 Apakah mas sudah lakukan cara untuk mengendalikan halusinasi seperti yang
§
saya ajarkan kemarin?
c. Kontrak
 Topik : Seperti janji saya kemarin, sekarang saya akan mengajarkan mas ...
§
mengendalikan halusinasi dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti yang mas
lakukan di rumah.
 Tempat : Bagaimana kalau di sini saja?
§
 Waktu : Bagaimana kalau 10 menit saja?
§
2. Kerja
 Cara ketiga untuk mengendalikan halusinasi adalah dengan melakukan
§
kegiatan-kegiatan seperti yang mas lakukan di rumah
 misal membersihkan rumah, membaca buku, olah raga, nonton TV dll.
§
 Baiklah sekarang mari kita buat jadwal kegiatan harian dari pagi sesudah bangun
§
tidur sampai malam hari sebelum tidur. Hal ini tujuannya untuk meminimalkan mas
mendengar suara-suara aneh itu . ( buat jadwal kegiatan bersama klien/ yang di
sepakati oleh klien )
 Bagus, sekarang mas... sudah memiliki jadwal kegiatan harian untuk hari ini ,
§
yang untuk besok dan hari selanjutnya nanti kita buat bersama – sama lagi ya mas
....?
3. Terminasi
a. Evaluasi subyektif
 Bagaimana perasaan mas ... setelah kita berbincang-bincang hari ini?
§
b. Evaluasi obyektif
 Cara ketiga untuk mengendalikan halusinasi dengar yaitu apa mas ....?
§
 Bagus mas .... bisa menyebutkannya . dengan melakukan kegiatan – kegiatan
§
yang sesuai dengan jadwal kegiatan harian yang telah kita buat tadi, berarti
tidak ada waktu untuk melamun/merenung sendiri.
c. Rencana tindak lanjut
 Mas ... mau kan melaksanakan kegiatan – kegiatan sesuai dengan jadwal yang
§
telah kita buat ? dan jangan lupa di buat juga jadwal kegiatan hariannya
untuk hari besok dan hari- hari selanjutnya. Nanti saya akan bantu
d. Kontrak
Topik : besok kita akan bercakap-cakap tentang obat-obatan yang Mas ... minum
dimana gunanya untuk mengatasi suara yang didengar dan mengganggu.
Tempat : kita akan bercakap-cakap disini juga ya, setuju?
Waktu : 10 menit saja.
” Sekarang mas... mau kemana ? Bagaimana kalau mas ikut berkumpul dengan
temam- temanya yang lain di taman, kan bisa ngobrol-ngobrol, jangan
melamun lagi ya. ”



STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN (SP IV p)

Hari/tgl : ................

A. Proses Keperawatan
1. Kondisi klien
DS : klien mengatakan mendengar suara-suara aneh (tanpa adanya stimulasi
eksternal)
DO : klien tampak senyum-senyum sendiri dan bicara sendiri
2. Diagnosa Keperawatan : Gangguan Sensori Persepsi : Halusinasi Dengar
3. Tujuan : klien dapat mengontrol halusinasi yang dialaminya
Tindakan keperawatan :
a. mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
b. memberikan pendidikan kesehatan tentang penggunaan obat secara teratur
c. menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian
B. Strategi Komunikasi
1. Orientasi
a. Salam terapeutik
Selamat pagi Mas ...
b. Evaluasi/validasi
 Mas ... kelihatan segar pagi ini. Bagaimana perasaan Mas?
§
 Bagaimana saat suara-suara terdengar dan apakah mas mencoba cara yang kita
§
bicarakan kemarin, apakah berhasil? (bila sudah, berikan pujian) Bagus ....
 Boleh saya lihat Jadwal Kegiatan hariannya ?
§
c. Kontrak
 Pagi ini saya akan menjelaskan pada mbak obat-obat yang mas... minum.
§
 Bagaimana kalau kita sekarang berbincang-bincang di tempat ini
§
 Sekitar 10 menit saja?
§
2. Kerja
o Ini mas, obat-obatan yang nanti diminum. Yang warna merah namanya CPZ, yang
putih kecil ini Haloperidol. Obat-obat ini gunanya untuk mengendalikan
suara-suara yang sering mas ... dengar. Obat ini diminum 3x sehari,
masing-masing 1 tablet tidak boleh lebih atau kurang.
o Dengan minum obat ini mas ... akan mengantuk, lemas, ingin tidur terus tapi itu
tidak apa-apa. Perawat akan selalu memantau mas dengan mengukur tensi darah mas
3x sehari.
o Bagaimana apa mas ... sudah jelas?
o Obat ini harus tetap diminum terus, mungkin berbulan-bulan atau bahkan bisa
selamanya. Tidak usah kuatir obat ini aman jika mas minum sesuai apa yang
dianjurkan.
o Jangan berhenti minum obat walaupun mas sudah merasa sehat. Kalau mas ...
menghentikan obat tanpa sepengetahuan dokter dan perawat, gejala-gejala seperti
yang mas alami seperti sekarang akan muncul lagi.
o Mas ... harus mengingat lima hal saat minum obat yaitu :
1. Benar obat,
2. Benar bahwa obat ini untuk mas
3. Benar cara meminumnya, langsung ditelan
4. Benar waktunya
5. Benar dosisnya
o Ingat ya mas ...

3. Terminasi
a. Evaluasi subyektif
Bagaimana mas ... apakah sudah jelas?
b. Evaluasi obyektif
Coba mas sebutkan jenis obat yang mas minum. Coba sebutkan lima hal saat minum
obat!
c. Tindak lanjut
Karena mas sudah paham tentang obat yang diminum, mas dapat langsung meminum
obatnya jika waktu pemberian obat sudah tiba.
d. Kontrak yang akan datang
Besok kita ketemu lagi ya mas ...Kita akan membahas tentang masalah dengan
keluarga Mas ...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kumpulan askep