Sabtu, 18 Desember 2010

Pendidikan dan pelayanan keperawatan profesional di Indonesia

Pendahuluan
keperawatan indonesia sedang berada dalam proses berubah(change),menuju terwujudnya keperawatan sebagai profesi yang mandiri.perubahan yang terjadi menyentuh seluruh aspek keperawatan,yaitu pendidikan,pelayanan asuhan dan kehidupan organisasi profesi keperawatan.
Pendidikan keperawatan dan pelayanan asuhankeperawatan profesional bersifat saling kait mengait,yaitu saling mempengaruhi satu dengan yang lain atau timbal balik.Bermakna adanya perubahan di stu sisi membawa akibat perubahan di sisi yang lain.
Perubahan bermula dari tekanan tuntutan dan kebutuhan masyrakat akan pelayanan asuhan keperawatan bermutu,serta tekanan perkembangan keperawatan yang terus menerus meningkat,yang terjadi akibat adanya tekanan perkembangan ilmu keperawatan yang terjadi terus menerus dan berkelanjutan.tekanan perubahan ini menuntut kepeda sistem pendididkan keperawatan yang ada untuk menyesuaikan diri.
Titik masuk perubahan dan keperawatan di indonesia yang sangat bermakna dan berdampak luas yang terjadi pada tahun 1983,adalah sistem pendidikan keperawatan.dengan harapan bahwa melalui berbagai luaran(qualityn outputs)akan terjadi perubahan pada pelayananasuhan pada kehidupan profesi keperawatan,yang pada akhirnya terwujud keperawatan sebagai profesi di indonesia.

Sistem Pendidikan Tinggi Keperawatan:
Perubahan dalam sisitem keperawatan adalah untuk mengembangkan dan membina sisitem pendidikan tinggi keperawatan(nursing higher education system)sebagai bagian integral dari sistim pendidikan tinggi nasional(national higher education system),yang bermutu dan berkeadilan.
pengembangan dan pembinaan sistem pendidikan tinggi keperawatan di kembangkan pada semua jenjang pendidikan.pada alur profesi(profesional tracts)mulai dari program pendidikan ners sebagai pendidikan profesi jenjang pertama(firts profetional degree)program pendidikan ners spesialis sebagai pendidikan profesi jenjang kedua(second profetional degree)dan bila di perlukan sebagai program pendidikan ners spesialis konsultan sebagai pendidikan profesi jenjang pendidikan ketiga(third profetional degree).pada alur akademik(acdemic tracts)di kembangkan juga pendidikan lanjut,yaitu program majister dan program Doktor dan Ilmu keperawatan.
Melalui berbagai luaran bermutu dalam keperawatan,yaitu lulusan,riset ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keperawatan,diharapkan memacu proses profesionalisasi keperawatan di indonesia.sebagai ukuran akhir dari keberhasilan menjadikan keperawatan sebagai profesi indonesia adalah terlayaninya seluruh golongan dan lapisan masyarakat indonesia melalui pelaksanaan pelayanan asuhan keperawatan profesional kepada masyarakat.

Sistem Pemberian Pelayanan Keperawatan.

Sistem pemberian pelayanan asuhan keperawatan(nursing care delivered system)di kembangkan sebagai bagian integral dari sistem pemberian pelayanan kesehatan(health care delivered system)kepada masyarakat.Ia dikembangkan menyatu sepenuhnya dalam sistempemberian pelayanan kesejhatan pada masyarakat,sehingga turut berperan aktif dalam setiap upaya membangun dan membina kesehatan bangsa.
Pelayanan asuhan keperawatan profesional yang di kembangkan,bersifat berjenjang,mencukup pelayanan asuhan keperawatan dasar,hingga pelayanan keperawatan spesialis lanjut.Dilaksanakan oleh berbagai jenjang dan ketenagaan keperawatan profesional dengan benar(scientific)dan baik (Ethical),serta di tuntun olehg profesi keperawatan(profetional Ethis).
Pada pelayanan asuhan keperawatan profesinal berjenjang ini,memungkinkan di kembangkan rujukan keperawatan,di samping rujukan medis yang kita kenal saat ini.

Penutup

Perubahan yang terjadi kepeda keperawatan indonesi bersifat terus -menerus dan berkelanjutan,sepanjang adanya tekanan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan yang berlangsung terus-menerus dan berkelanjutan;bersifat dinamis.
Keperawatan indonesia sedang berada dalam suatu fase perubahan yang sangat mendasar(fundamental Change)sehingga perlu di kawal secara benar dan berkelanjutran sehingga cita-cita mewujudkan keperawatan sebagai profesi yang mandiri di indonesia tercapai.sungguh suatu perjuangan berat,namun sangat mulia.


Jerry runtuwene,dari berbagai sumber,opini dari majalah nursing.
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kumpulan askep